Uji Kualitas Kalung Berlian Anda dengan Cara Ini

Uji Kualitas Kalung Berlian Anda dengan Cara Ini

Seperti pada perhiasan lain, kualitas kalung berlian sangat menentukan harga jualnya. Harga jual kalung berlian yang tinggi, membuat perhiasan ini bukan hanya untuk dikoleksi namun juga untuk investasi. Kini investasi berlian bukan hanya dilakukan oleh investor kelas kakap, namun juga seluruh kalangan.

Ketika membeli kalung berlian, Anda harus sangat jeli dan teliti dalam memperhatikan keaslian berlian tersebut. Tentunya Anda tidak ingin bila berlian yang Anda beli ternyata adalah berlian palsu. Lebih baik Anda membeli di toko perhiasan yang terpercaya, agar kualitasnya tidak usah diragukan lagi.

Untuk menghindari kemungkinan terburuk ketika membeli kalung berlian, Anda dapat mengujinya dengan beberapa cara. Pengujian ini dilakukan agar Anda dapat mengetahui kualitas kalung berlian yang Anda beli dengan harapan terhindar dari penipuan. Berikut ini adalah beberapa uji yang dapat Anda lakukan.

Menguji Berlian dengan Tes Embun

Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk menguji kualitas kalung berlian Anda adalah dengan melakukan tes embun. Tes embun tidak membutuhkan alat apapun, sebab Anda hanya tinggal meletakan mata kalung berlian Anda di depan mulut, lalu menghembuskan nafas seperti sedang melakukannya di cermin.

Kemudian perhatikan berlian Anda, bila embun pada berlian bertahan agak lama beberapa detik, kemungkinan berlian Anda adalah berlian palsu. Pada berlian asli, embun tidak akan mudah terbentuk. Hal ini disebabkan oleh sifat berlian yang akan mendispersikan panas dari nafas Anda.

Menguji Berlian dengan Tes Bias

Tes bias dapat dilakukan untuk mengetahui kualitas kalung berlian dengan meletakan mata kalung Anda di atas koran atau majalah. Setelah itu, cobalah untuk membaca tulisan koran tersebut. Bila Anda tidak dapat membacanya atau terlihat garis hitam, maka berlian Anda kemungkinan adalah berlian asli.

Hal tersebut disebabkan karena berlian asli akan membiaskan cahaya, sehingga tulisan yang terdapat pada koran tersebut tidak bisa terbaca. Kondisi ini juga akan terjadi bila Anda meletakan berlian di atas titik hitam. Titik hitam tidak akan dapat terlihat walaupun berlian tersebut berwarna bening.

Menguji Berlian dengan Menggunakan Lup

Lup adalah kaca pembesar yang digunakan oleh toko perhiasan. Berlian yang dijual umumnya berukuran kecil, sehingga detailnya tidak dapat dilihat dengan mata telanjang dan harus menggunakan lup atau kaca pembesar. Lup digunakan untuk melihat ada tidaknya inklusi pada berlian tersebut.

Inklusi adalah kondisi dimana berlian mengandung serpihan kecil berupa mineral lain. Hal tersebut terjadi pada saat pembentukan berlian ataupun pada saat berlian tersebut ditempa. Inklusi menunjukkan keaslian kualitas kalung berlian walaupun menandakan bahwa berlian tersebut memiliki sedikit “cacat”.

Berlian yang palsu umumnya tidak memiliki inklusi karena buatan manusia, namun bukan berarti semua berlian yang tidak memiliki inklusi adalah berlian palsu. Berlian yang dikembangkan di laboratorium sedemikian rupa dapat terlihat bersih tanpa inklusi. Sehingga inklusi ini tidak dapat menjadi parameter tunggal.

Menguji Berlian dengan Timbangan Berlian

Timbangan berlian memiliki sensitivitas yang sangat tinggi. Timbangan tersebut dapat mengukur belian hingga tingkat karat dan butirannya. Untuk melakukan uji timbangan ini, Anda dapat melakukannya di toko perhiasan dan memerlukan pembanding, yaitu berlian yang sudah dinyatakan asli.

Pembanding diperlukan karena berat berlian asli dengan palsu memiliki perbedaan yang relatif kecil. Contohnya adalah zikonia kubik yang memiliki berat 55% lebih besar dari pada berlian asli padahal memiliki bentuk, ukuran, dan warna yang sangat mirip.

Untuk menguji kalung berlian dengan lebih akurat, sebenarnya tidak cukup hanya dengan melakukan pengujian di rumah karena ada kemungkinan kegagalan saat pengujian. Lebih baik bawalah kalung berlian Anda ke toko atau orang ahli yang sudah berpengalaman, sehingga hasil uji kualitas kalung berlian Anda akurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *