Perawatan Untuk Luka Diabetes Yang Aman Saat Di Rumah

Apabila Anda atau mungkin ada anggota keluarga yang menderita diabetes, sangat diperlukan perawatan khusus untuk merawat luka diabetes supaya luka tersebut bisa kunjung sembuh dan tidak berkembang menjadi luka kronis. Bila berobat ke rumah sakit tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit, maka untuk menghemat pengeluaran Anda bisa melakukan berbagai cara yang aman dan mudah untuk melakukan perawatan luka diabetes di rumah.

Apabila seorang yang mengalami penyakit diabetes dan kebetulan luka, maka dalam perawatannya tidak bisa dianggap remeh begitu saja. Hal ini dikarenakan luka yang diderita oleh orang yang menderita diabetes tersebut nantinya akan mampu untuk menyebabkan kematian sel yang ada pada jaringan luka. Kondisi ini tentunya juga dipengaruhi oleh beberapa hal seperti proses penyembuhan yang tidak dilakukan dengan cara yang benar dan cenderung meremehkan.

Luka yang muncul yang disebabkan oleh diabetes biasanya memang tidak menunjukkan gejala yang serius. Banyak sekali yang tidak sadar bahwa luka tersebut ada hubungannya dengan diabetes yang diderita jadi bila tidak segera mendapatkan pertolongan maka kondisinya juga akan semakin parah dan mungkin bisa menyebabkan amputasi. Luka diabetes atau yang biasa disebut dengan gangren adalah salah satu jenis luka basah yang memerlukan perawatan khusus. Dan apabila ingin melakukan fisioterapi pasien diabetes di rumah, berikut ini adalah beberapa tipsnya:

1. Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah dengan menjaga dan memperhatikan faktor kebersihan sehingga luka yang diderita tersebut tidak mudah untuk terserang berbagai macam infeksi yang disebabkan oleh jamur atau juga bakteri. Sebisa mungkin jaga supaya suhu udara yang ada disekitar luka Anda tetap lembab. Karena dengan udara yang lembab maka dapat digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan pada luka yang disebabkan oleh diabetes. Tidak hanya itu saja, udara yang lembab juga mampu untuk mempertahankan kehilangan jaringan serta kematian yang akan terjadi pada sel yang ada di dalam bagian tubuh yang luka.

2. Jangan lupa untuk membersihkan luka setiap hari dengan menggunakan air hangat. Setelah dibersihkan lap luka tersebut dengan menggunakan tisu sampai dengan kering. Setelah itu Anda bisa mengoleskan obat atau antiseptik yang nantinya akan mencegah dan menghambat kuman untuk berkembang. Setelah selesai jangan lupa perban bagian tubuh yang luka. Jangan terlalu kencang karena bisa membuat tekanan pada luka semakin berat dan malah berakibat fatal.

3. Jangan lupa untuk melakukan olahraga setiap pagi dan setiap hari. Jangan lupa menggunakan alas kaki supaya kaki tidak luka karena goresan benda seperti batu atau lain-lain. Anda bisa menggunakan sandal atau sepatu yang tidak terlalu sempit. Jaga pola makan dan istirahat yang cukup. Dengan menerapkan pola hidup sehat tersebut, maka kadar gula yang ada di dalam darah akan mudah turun dan berakibat pada luka yang akan semakin cepat untuk sembuh.

Apabila Anda tidak bisa melakukan perawatan luka diabetes di rumah secara mandiri, tidak perlu bingung karena ada Aido Health yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan perawat yang nantinya akan membantu Anda untuk merawat luka diabetes tersebut. Dengan bantuan perawat dari Aido Health maka luka yang ditimbulkan karena diabetes tersebut bisa lekas pulih dan tidak terjadi amputasi. Dengan begitu Anda bisa kembali hidup normal dan menjaga gaya hidup dan pola makan Anda supaya penyakit dan luka yang Anda derita tidak muncul lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *